KECENDERUNGAN PEMILIHAN MODA KENDARAAN PRIBADI DAN TRANSPORTASI PUBLIK MASYARAKAT KOTA TANGERANG SELATANMuhammad Syahbandi / Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019ABSTRAK Tingginya jumlah penduduk dan angka penggunaan kendaraan pribadi serta kompleksitas pergerakan masyarakat yang hidup didalam Ibu Kota Jakarta, sehingga pada tahun 2017 menjadikan Kota Jakarta menjadi Kota termacet ke-12 di Dunia (INRIX, 2018) menjadi latar belakang permasalahan dalam peneli... |
Analisis Model Bangkitan dan Tarikan Pergerakan Kawasan Pendidikan di Jalan Cendana – Jalan Ir. H. Juanda Kota Bandarlampung sebagai Salah Satu Penyebab Kemacetan Lalu LintasDivia Indira Arifin / Dr. Eng. Aleksander Purba, S.T., M.T., IPM / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2020Pergerakan yang dihasilkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya; yang kemudian disebut dengan transportasi, perlu direncanakan dengan baik agar mencegah kemacetan, yaitu sebuah kondisi dimana pergerakan tidak terlayani oleh sistem jaringan yang ada. Terkait dengan Kota Bandarlampung yang jumlah pendu... |
TINGKAT AKSESIBILITAS JALAN TOL TRANS SUMATERA RUAS BAKAUHENI - TERBANGGI BESAR DALAM MENCAPAI KAWASAN STRATEGISVerlina Agustine / Dr. Eng. Aleksander Purba, S.T.,M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2020Dalam Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Pulau Sumatera, tertuang tujuan pembangunan JTTS yaitu dalam rangka mendorong pengembangan kawasan di Pulau Sumatera dan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional serta dalam rangka pelaksanaan Maste... |
ANALISIS JARINGAN DISTRIBUSI KOMODITAS HORTIKULTURA DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT (Studi Kasus : Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat– Kota Bandar Lampung)Fathur Rohman / Dr. Rahayu Sulistyorini S.T., M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021Pertumbuhan jumlah penduduk menyebabkan permintaan akan komoditas hortiklultura akan terus meningkat. Kota Bandar lampung dengan sektor perdagangan dan jasa sebagai basis nya menyebabkan kemampuan kota akan memenuhi kebutuhan komoditas hortikultura diperlukan suplay dari wilayah lain nya salah satu... |
KESESUAIAN PENGEMBANGAN JALUR SEPEDA DI BANDARLAMPUNG (STUDI KASUS : RUAS JALAN RADEN INTAN – AHMAD YANI – R.A. KARTINI)Panji Wibowo / Dr. Eng. Ir. Aleksander Purba, ST, MT, IPM, ASEAN Eng. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung telah mengembangkan jalur khusus sepeda pada ruas Jalan Raden Intan – Ahmad Yani – R.A. Kartini demi mengakomodasi peningkatan minat masyarakat Kota Bandarlampung terhadap transportasi non-motorized berupa sepeda. Meskipun demikian, masih banyak ditemukan ... |
DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL BECAKAYU (BEKASI-CAWANG-KAMPUNG MELAYU) TERHADAP ASPEK EKONOMI DI KECAMATAN BEKASI BARATMuhammad Hafidh Has / Dr. Eng. Ir. Aleksander Purba, S.T., M.T., IPM, ASEAN Eng. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2022Kota Bekasi merupakan salah satu kota terbesar yang berada di Indonesia. Pembangunan dan Pengembangan sektor infrastruktur menjadi salah satu visi dan misi dari pemerintah saat ini. Salah satunya melalui pembangunan jalan tol. Hadirnya jalan tol ini dapat menjadi sebuah solusi dalam mengurangi kemac... |
ARAHAN PERANCANGAN JALUR SEPEDA SESUAI PREFERENSI PENGGUNA SEPEDA BERDASARKAN ASPEK KESELAMATAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI WILAYAH : JALAN RADEN INTAN, JALAN AHMAD YANI, JALAN R.A KARTINI, JALAN KOTA RAJA KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT)Muhammad Fikry Fakhruddin / Dr. Eng. Ir. Aleksander Purba, S.T., M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2023Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung telah mengembangkan jalur khusus sepeda pada ruas Jalan Raden Intan - Jalan Ahmad Yani - R.A Kartini - Kotaraja Tanjung Karang Pusat demi mengakomodasi peningkatan minat masyarakat Kota Bandar Lampung. Meskipun demikian, masih banyak ditemukan permasalahan pada ... |